Sunday, February 27, 2022

Malaikat Izrail pernah tertawa, menangis dan terkejut saat mencabut nyawa

Dalam Kitab Tadzkirah, Allah SWT bertanya kepada para malaikat maut, “apakah kamu pernah menangis ketika ditanya nyawa anak cucu Adam?,”. Malaikat Izrail menjawab, “Aku pernah tertawa, menangis dan terkejut”.


Lalu Allah bertanya lagi, ”Apa yang tertawa?,”

Malaikat menjawab seseorang, “Ketika aku bersiap nyawa seseorang, aku melihatnya berkata kepada pembuat sepatu agar dibuatkan sepatu. Aku tertawa, karena sudah kucabut nyawanya sebelum dia memakai sepatu itu.”


Allah melanjutkan pertanyaan,”Apa yang menangis?,”. Maka malaikat menjawab, “Aku menangis ketika mencabit nyqwa wanita hamil di tengah gurun padang pasir dan hendak melahirkan. Aku menunggu sampai nyawanya dilahirkan, lalu ku menangis karena medengar tangisan bayinya, tidak ada yang tahu kelahiran bayi itu.”


“Lalu apa yang terkejut?,” lanjut Allah SWT.

“Aku terkejut ketika hendak membunuh nyawa salah seorang ulama. Aku cahaya terang benderang keluar dari kamarnya, setiap aku mendekatinya cahaya itu semakin menyilaukanku seolah ingin menghindariku, lalu kucabut nyawanya dengan cahaya itu,” jawab  malaikat.

Allah bertanya lagi, “Apakah kamu tahu siapa lelaki itu?,”.

“Tidak tahu ya Allah,” jawab para malaikat.

“Sesungguhnya dia adl bayi dari ibu yang kau cabut nyawanya di gurun pasir. Akulah yang menjaganya.”

.

0 comments :

Post a Comment