Saturday, August 29, 2020

Proses tidak akan menghianati hasil

Dawuh Romo KH R Muhammad Najib AQM :

"Jangan hanya melihat mereka yang sudah jadi, enaknya saja. Mereka itu ya ada masa mempengnya, bangun malam buat nderes, pagi setoran, terus nderes. Sehingga ketika sudah jadi, ya jalan sendiri".

Point yg bisa diambil dari dawuh beliau :

1. Kita sering mengabaikan sebuah proses. Padahal sejatinya lancarnya hafalan seseorang sesuai dg prosesnya dia berjuang. Entah dulu sekali, atau saat sekarang namun kita tak mengetahuinya.

2. Tidak ada jalan lain agar lancar hafalannya kecuali dengan nderes (setoran atau murojaah sendiri) siang atau malam, tergantung kebiasaan masing-masing individu.

3. Tiap seseorang yg lancar, punya waktu mempengnya (rajin yg sungguh-sungguh). Entah saat ini memang mempeng, kemarin atau dulu saat jatuh bangun menguatkan dan melancarkan hafalannya.

4. Saat melihat seseorang yg lancar, yg jalan sendiri hafalannya walau tidak terlihat kapan nderesnya, jangan terpaku dg dia yg sekarang, namun lihatlah dia dari perjuangannya dahulu, selancar itu berarti sekeras itu dia berjuang dahulu.

Semoga kita selalu diparingi kekuatan dalam mengemban amanah ini, moga kelak bisa seperti mereka yg lancar hafalannya, amin.

Reposted from @huffadhkrapyak

0 comments :

Post a Comment