Saturday, August 29, 2020

Ketika merasa tidak ada siapapun yang bisa membantu

Ketika merasa tidak ada siapapun yang bisa membantu, ingatlah pertolongan Allah Subhanahu wata'ala

Jika ingin ditolong Allah maka jadilah penolong agama Allah terlebih dahulu.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

"Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." (QS Muhammad ayat 7)

Ayat ini merupakan perintah Allah kepada mukmininn agar mereka menolong agama-Nya, berdakwah kepada-Nya, dan berjihad melawan musuh-musuh-Nya dengan mengharapkan keridhaan-Nya.

Jika mereka melakukan hal itu, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menolong mereka dan meneguhkan mereka, yakni menguatkan mereka dengan kesabaran, ketenangan, dan keteguhan serta membuat badan mereka dapat bersabar di atasnya serta menolong mereka terhadap musuh mereka.

Ini adalah janji dari Allah Yang Maha Pemurah yang benar janji-Nya, bahwa barang siapa yang menolong agama-Nya baik dengan ucapan maupun perbuatan, maka Dia akan menolongnya, memudahkan sebab-sebab pertolongan, seperti keteguhan dsb.

Dalam Tafsir Thobary dijelaskan bahwa yang dimaksud menolong Allah adalah menolong atau membantu Rosululloh dalam menyampaikan risalahnya, dan membantu Rosul dalam menghadapi musuh musuhnya.

0 comments :

Post a Comment