Saturday, August 29, 2020

ADIGANG , ADIGUNG , ADIGUNA

Ciptakan kebebasan terhadap setiap pribadi dalam menentukan kepercayaan yang dipilih. Katakan kepada setiap pribadi dan golongan, jangan kalimat dalam kitab suci mereka dipahami secara sempit, hingga mereka terkungkung oleh langit yang mereka ciptakan sendiri dari ajaran yang dianut”.

Pahami kebenaran sejati. Jangan pernah menyalahkan kebenaran yang dianut orang lain dan jangan menyalahkan juga kebenaran yang sudah menjadi kepercayaanmu sendiri.

Bila kamu senang menyalahkan kebenaran yang dianut orang lain apalagi kelewat mengatakan kepada pihak lain, bahwa kebenaran yang paling benar adalah kebenaran yang kau anut, maka mereka yang kau katai akan kembali menyalahkan kebenaran yang kau anut. Tentu kamu sudah tahu apa akibatnya”.

. “Bila itu yang kau lakukan, maka kamu sudah bersifat: Adigang, Adigung dan Adiguna.

Sifat yang dimiliki oleh watak tiga binatang, yaitu;

Adigang, sifat atau watak kijang,

Adigung, watak seekor gajah

Adiguna watak ular.

Kijang 》》》》 yang menyombongkan dirinya dengan mengandalkan kecepatan larinya.

Gajah 》》》》yang mengandalkan dirinya yang paling besar dan kuat, sedangkan

Ular 》》》》yang sombong mengandalkan bisa atau racunnya yang mematikan.

Bila sifat itu yang kamu utamakan , itu seperti halnya kamu tidak akan dapat menata hidup bermasyarakat dengan berlandaskan rasa keadilan.

Keadilan yang sebenar benarnya adil dan dapat dirasakan oleh orang banyak adalah, tetaplah dalam perilaku yang berlapang dada terhadap perbedaan dan mengertilah akan rasa peri kemanusiaan”

Rahayu Mulyaning Jagad 🙏🙏🙏

Reposted from @wong_jowo08

0 comments :

Post a Comment