Sunday, August 23, 2020

Mbah Shobib Jepara, Pecinta Ahlulbait

Pada saat wafatnya Mbah Shobib (KH. Shobibur Rohman) ada rombongan santri yang sowan dan mengabarkan berita duka ulama asal Jepara itu kepada Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Pekalongan.

Menanggapi itu, salah satu santri Habib Luthfi, yaitu KH. Abdullah Saad, bertanya mengenai Mbah Shobib kepada Habib Luthfi. Sontak beliau pun menjawab dengan kesaksian bahwa Habib Luhtfi belum pernah menjumpai kiai (ulama pribumi) yang rasa cintanya kepada ahlulbait (keturunan) Nabi Muhammad SAW melebihi Mbah Shobib. Lalu dengan keyakinan itu KH. Abdullah Saad pun percaya begitu saja karena itu merupakan dawuh gurunya.

Namun, dalam kesempatan lain KH. Abdullah Saad justru mendapat bukti cerita yang membenarkan dawuh Habib Luthfi tadi dari Habib Umar bin Ahmad Muthohhar, Semarang. Pada saat itu Habib Umar tiba-tiba nyeletuk tentang kekagumannya kepada Mbah Shobib yang dikenal sangat dermawan kepada siapapun.

“Wah Mbah Shobib niku lho leng cinta kaleh Ahlul-bait Nabi sak pol-pole nemen,” ujar Habib Umar kepada KH. Abdullah Saad di suatu forum.

“Kok saget bib?” jawab KH. Abdullah Saad.

“Kemarin itu Mbah Shobib datang ke rumah saya. Setelah saya bukakan pintu beliau langsung mendatangi kamar anak-anak saya, mengetuk pintu mereka dan memanggil-manggil mereka. Setelah dibukakan pintu oleh anak-anak saya Mbah Shobib langsung memberikan sejumlah uang yang tidak sedikit jumlahnya kepada mereka,” kata Habib Umar bercerit

“Sampai-sampai kalau saya sedang disambati anak-anak saya soal uang atau pengen beli ini dan itu saya wasilah ke Mbah Shobib. Yang begitu itu dulu pernah saya praktekkan waktu anak saya yang kecil meminta sepeda kepada saya pas kondisi keuangan sedang tidak stabil. Soalnya anak saya juga bilang kepada saya “Nanti kalau dalam waktu seminggu belum juga dibelikan tak adukan ke Mbah Shobib lho bah” begitu katanya sewaktu tak bilangin untuk bersabar nunggu uangnya terkumpul,” ujar Habib Umar disusul dengan tawa dan kagum kepada Mbah Shobib.

Mendengar cerita itu KH. Abdullah Saad langsung tambah yakin dan mantap dengan kemuliaan Mbah Shobib. Selain cerita itu juga banyak cerita lain tentang kedermawanan Mbah Shobib kepada masyarakat, utamanya sekitar kompleks Makam Sunan Muria.

Dalam cerita lain Mbah Shobib juga pernah melakukan hal yang sama kepada keluarga KH. Musthofa Bisri (Gus Mus) Rembang.(M.Farid)

*)Kisah ini disarikan dari ceramah yang disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Al-Inshof, Solo, KH. Abdullah Saad di Terminal Kompleks Makam Sunan Muria, Selasa (28/08/18)

0 comments :

Post a Comment