Sunday, August 23, 2020

Kisah SAHIH "KECERDASAN SAYYIDINA HUSEIN" BIN ALI BIN ABI THOLIB

Pada masa kanak-kanak Sayyidin Husein seringkali ke masjid dan duduk dibawah mimbar Rasulullah SAW serta menghafalkan segala yang Rasulullah SAW Khutbahkan,

kemudian Sayyidina Husein pulang dan menceritakan kepada Ibundanya Sayyidah Fatimah binti Muhammad Rasulullah SAW. Suatu kali Ibundanya menyiapkan satu kursi dan mendudukkan Sayyidina Husein dikursi itu seraya berkata: "Baiklah anakku sayang, berceramahlah seperti kakekmu."

Sayyidina Husein menjelaskan apa yang dikatakan kakeknya Nabi Muhammad SAW di masjid dengan gaya bahasa yang sama. Lantas Sayyidah Fatimah Az-Zahra ibunda Sayyidina Husein pun bersyair tentangnya: "ENGKAU SERUPA DENGAN AYAHKU, ENGKAU TAK MIRIP DENGAN ALI (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)." Lalu Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang mendengar syair istri tercintanya pun tersenyum.

Suatu ketika Sayyidah Fatimah Az-Zahra bercerita kepada Ayahandanya perihal keindahan tutur kata Sayyidina Husein hingga Nabi Muhammad SAW pun ingin menyaksikan dan mendengar langsung ceramah cucunya tersebut, namun beliau berkata kepada putrinya: "BARANGKALI DIA AKAN MALU JIKA MELIHATKU." Karena Nabi Muhammad SAW berencana bersembunyi dibalik tirai untuk menyaksikan dan mendengarkan ceramah cucunya. Nabi Muhammad SAW pun bersembunyi dibalik tirai dan Sayyidah Fatimah Az-Zahra mempersiapkan Sayyidina Husein untuk berceramah. Namun sungguh tak seperti biasanya hingga Sayyidah Fatimah Az-Zahra pun heran ketika menyaksikan putra kecilnya Sayyidina Husein hanya berdiam diri tanpa sepatah kata yang keluar dari lisan mungilnya.

Lidah Sayyidina Husein seolah-olah kaku dan tak mampu berucap apapun hingga Sayyidah Fatimah Az-Zahra sangat heran dan menanyakan keadaan putra nya tersebut: "Apa yang terjadi wahai anakku sayang?"

Sayyidina Husein menjawab keheranan ibunya: "JANGANLAH HERAN WAHAI IBUKU. LIDAHKU TAK MAMPU BERGERAK KARENA ADA PRIBADI AGUNG YANG BERADA DIBALIK TIRAI. JIKA SELURUH AHLI DAN PEMBICARA DI SELURUH DUNIA BERKUMPULPUN NISCAYA MULUT-MULUT MEREKA AKAN TERKUNCI DIHADAPAN KAKEKKU RASULULLAH SAW."

0 comments :

Post a Comment