Sunday, August 23, 2020

KH Hasyim Asy'ari Pernah Ditunjuk Menjadi Presiden Indonesia

Seorang penulis biografi tokoh-tokoh besar dari Lebanon bernama Syaikh As’ad Syihab, yang mengabdaikan sosok KH. Hasyim Asya’ari berjudul; “Al Allamah Muhammad Hasyim Asy’ari Awwalu Waadli’i Labanaati Istiqlaal Indonesia”.

Penulis buku tersebut pernah tinggal di Pesantren Tebuireng sekitar tahun 1933. Di dalam kisah yang lain pula, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari membentuk pasukan-pasukan yang memiliki kemampuan bertempur pada zaman penjajahan Jepang, seperti Hizbullah, Sabillah, dan lain-lain.

Pada saat Jepang semakin lemah, mereka berencana untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Pada saat itu juga, Jepang meminta Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari untuk berkenan ditunjuk sebagai presiden Indonesia. Akan tetapi Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari menolak secara halus dan megarahkan Kusno (Sukarno) yang menurut beliau lebih cocok. 

Setelah itu, beberapa utusan datang ke Pesantren Tebuireng untuk berdiskusi mengenai persiapan kemerdekaan, termasuk kedatangan Tan Malaka sebagai utusan Bung Karno untuk dapat berdiskusi dengan Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari dari Isya sampai Subuh.

Baca lengkapnya di https://tebuireng.online/peran-hadratussyaikh-kh-m-hasyim-asyari-dalam-pendirian-nkri/

.

0 comments :

Post a Comment