Saturday, October 10, 2020

Hati-hati dengan tepuk tangan

Ya Allah! Berkahilah usia kami, sehatkanlah tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, bantulah kami memperbaiki amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari keburukan, kabulkanlah kebutuhan kami baik dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dan merupakan suatu hal yang tercela apabila seseorang menerima nasihat dari saudara atau kawannya, ia justru berkata, "Uruslah saja dirimu sendiri."

Sebagaimana dalam hadits shahih

Seseorang menasehati temannya, ’Bertaqwalah kepada Allah’, tapi yg dinasehati malah menjawab: ’Urus saja dirimu sendiri.” inilah Kalimat (jawaban) yang paling dibenci oleh Allah (HR. Baihaqi & Nasa’i).

Jalan menuju neraka itu dihiasi hal hal yg disukai hawa nafsu.

Mengikuti hawa nafsu memang menyenangkan. Karena dia terlihat dengan kemasan yang selalu menarik sehingga membuat hati ini merasa senang. Kesenangan semu yang sementara. Jebakan iblis yg dilaknat Allah.

Kita harus bisa mengendalikannya.

Kenapa nafsu bisa berbahaya?

Karena jika kita ikuti maunya, tidak akan ada habisnya. lagi dan lagi. dan akan terus menuntutmu lagi.

Kita turuti nafsu, semakin sulit untuk kita kendalikan.

Jika nafsu semakin sulit dikendalikan, dia akan berbalik mengendalikanmu. Seluruh pergerakan dan hatimu akan mengikuti nafsu ketimbang akal

Karena jika seseorang manusia sudah dikuasai oleh nafsunya, maka sifat kemanusiaannya akan lenyap. akal dan pikirannya tidak berfungsi.

Penglihatan, pendengaran dan hati nurani akan terhalang oleh nafsu yang menguasainya.

Nabi bersabda:

Surga itu jalannya diliputi perkara-perkara yang dibenci oleh nafsu sedangkan neraka itu diliputi perkara-perkara yang disukai nafsu.”(HR. Muslim)

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat dengan sepengetahuan-Nya, dan Allah telah mengunci pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutup atas penglihatannya..

(QS. Al-Jasiyah 45: Ayat 23)

0 comments :

Post a Comment