Friday, December 25, 2020

KISAH DAHSYATNYA SHOLAWAT NABI

Tingkatkan Kualitas Sholawatmu

Hujjatul Islam Al Ghozali meriwayatkan bahwa ada seorang laki laki yg lupa membaca sholawat kepada Rosululloh SAW. Lalu pada suatu malam ia bermimpi melihat Rosululloh SAW tidak mau menoleh kepadanya, dia bertanya,

"Ya Rosululloh, apakah engkau marah kepadaku?"

Beliau menjawab, "Tidak."

Dia bertanya lagi, "lalu sebab apakah engkau tidak memandang kepadaku?"

Beliau menjawab, "karena aku tidak mengenalmu."

Laki laki itu bertanya, "bagaimana engkau tidak mengenaliku, sedang aku adalah salah satu dari umatmu? Para #ulama meriwayatkan bahwa sesungguhnya engkau lebih mengenali umatmu dibanding seorang ibu mengenali anaknya?"

Rosululloh SAW menjawab, "mereka benar, tetapi engkau tidak pernah mengingat aku dengan sholawat. Padahal kenalku dengan umatku adalah menurut kadar bacaan #sholawat mereka kepadaku."

Terbangunlah laki laki itu dan mengharuskan dirinya untuk bersholawat kepada Roshululloh SAW, setiap hari 100 kali. Dia selalu melakukan itu, hingga dia melihat Rosululloh SAW lagi dalam mimpinya. Dalam mimpinya tersebut Rosululloh SAW bersabda,

"Sekarang aku mengenalmu dan aku memberi syafa'at kepadamu."

Yakni orang tersebut telah menjadi orang yg cinta kepada Rosululloh SAW dengan memperbanyak sholawat kepada beliau....

Maka barang siapa yg ingin dikenali oleh Rosululloh SAW , hendaklah ia memperbanyak bacaan sholawatnya...

Sumber: kitab Mukasyafatul Qulub, bab IX, hal 55, karangan Hujjatul Islam Al Imam Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al Ghozali RA.


SHOLAWAT TIDAK PERLU IJAZAH

Tidak ada yg lebih ampuh tuk menangkal kesedihan, menghilangkan kesusahan, melapangkan hati, menangkal bala' juga mendapatkan rezeki selain bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Bersholawat tak perlu guru, ijazah, thariqoh, izin atau tata cara, bahkan Allah Swt telah memberi ijazah secara langsung kepada semua org melalui Firman Nya:

ﺇِﻥَّ ﭐﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻣَﻠَٰٓﺌِﻜَﺘَﻪۥُ ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﭐﻟﻨَّﺒِﻰِّ ۚ ﻳَٰٓﺄَﻳُّﻬَﺎ ﭐﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ۟ ﺻَﻠُّﻮﺍ۟ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻤُﻮﺍ۟ ﺗَﺴْﻠِﻴﻤًﺎ

"Hai orang-orang yang beriman bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya" (QS. Al-Ahzab 56)

Maka bacalah sekehendak hati kalian, sebanyak apapun dan sesering mungkin, baik itu setelah sholat, sedang bekerja, menggendong anak, memasak, berkendara dst. Jadi tak perlu bingung lagi tinggal amalkan saja sholawat apapun yg kalian inginkan

Disampaikan oleh As Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله واصحابه اجمعين


"Jika kita membaca shalawat, jangan bangga, jangan salah faham, seolah-olah kita mendoakan Kanjeng Nabi Muhammad Saw. Itu tidak begitu. Justru dengan kita membaca shalawat itu kita mendapatkan doa dari Baginda Nabi Muhammad Saw."

Maulana Habib Luthfi bin Yahya


Malaikat Jibril

”Wahai Rasulullah.. Barang siapa yang membaca shalawat kepadamu tiap tiap hari sebanyak sepuluh kali maka akan aku bimbing tangannya dan akan aku bawa dia melintasi titian (Shirathal Mustaqim) seperti kilat menyambar”.

Malaikat Mikail

”Ya Rasulullah..mereka yang bersholawat kepadamu akan aku beri mereka itu minuman dari telagamu(telaga Kautsar)".

Malaikat Isrofil

”Mereka yang bershalawat kepadamu aku akan sujud kepada ALLAH dan aku tidak akan mengangkat kepalaku sehingga ALLAH mengampuni Seluruh dosa2 orang itu (orang yang bershalawat)”.

Malaikat Izrail

”Ya Rasulallah..Bagi mereka yang bershalawat kepadamu..akan aku cabut ruh mereka itu dengan selembut-lembutnya seperti aku mencabut ruh pada Nabi Nabi”.

Kitab Kifayatul Atqiya.

Syahdan, diceritakan tentang seorang perempuan datang kepada Hasan Al Basri kemudian berkata, “Sesungguhnya aku memiliki seorang anak gadis yang telah meninggal,aku begitu ingin melihatnya dalam mimpi.

Maka aku datang kepadamu agar engkau mengajarkan kepadaku bagaimana aku bisa melihatnya.” Maka Imam Hasan Al Basri pun mengajarkannya Suatu amalan sehingga ia dapat melihat anaknya dalam mimpinya.

Betapa terkejut perempuan tersebut ketika ia melihat anaknya dalam keadaan diadzab/disiksa, lehernya dibelenggu, kakinya diikat. Dengan hati penuh kesedihan ia pun memberitahukan apa yang ia lihat kepada Imam Hasan Al Basri, dan beliaupun turut sedih mendengarnya.

Selang beberapa lama, Imam Hasan Al Basri melihat dalam mimpi beliau, gadis tersebut telah berada di dalam surga duduk diatas tahta dan memakai mahkota. Si gadis pun berkata,”Wahai Imam Hasan Al Basri, tidakkah engkau mengenaliku? Aku adalah anak dari perempuan yang datang kepadamu”.

Imam Hasan Al Bisri pun terkejut dan bertanya, ”Apa yang membuatmu menjadi seperti yang aku lihat sekarang ?”Gadis itupun menjawab,”Ada seseorang laki-laki melewati pekuburan yang mana aku jg dikuburkan disitu, kemudian ia bersholawat kepada Nabi sekali.

Ketika itu, di pekuburan itu ada 550 orang yang sedang diadzab termasuk aku. Lalu terdengarlah seruan, “Angkat siksa mereka karena sholawat lelaki ini.


Perbanyak Sholawat Yuuk

Habib Munzir berkisah, “Imam Syadzili suatu hari bermimpi dicium bibirnya oleh Rasulullah saw, maka ia berkata : wahai Rasulullah…. (Saw) kenapa kau mencium bibirku padahal banyak dosa? maka Rasul saw menjawab, aku tidak mencium bibir seseorang kecuali ia bershalawat padaku 1000X siang dan 1000X malam, dan kau wahai Abul Hasan (Assyadzili) akan mensyafaati ribuan orang pendosa dari ummatku kelak dihari kiamat.

Saya pernah selalu mengamalkan shalawat sebanyak banyaknya, lalu setiap kali saya akan mendapat musibah pastilah Rasul SAW datang sebelum musibah, dan setelah musibah, beliau SAW dengan santainya menenangkan, ketika saya baru menikah, saya kesulitan cari nafkah, karena saya masih belajar di yaman, maka saya menangis sedih karena bayi kecil dan istri saya tidak ada makanan untuk esok sarapan, maka saya dikunjungi beliau SAW sambil tersenyum : wahai munzir, jangan risau, kau tak akan kelaparan dari kehabisan makanan, kalau kau sampai kelaparan karena kehabisan makanan aku yang akan membawa makanan di punggungku mengetuk pintumu membawakan makanan…!,

Maka saya tersentak kaget mendengar pintu diketuk dengan keras, teman saya datang membawa makanan makanan selepas selamatan dari rumah tetangga, Subhanallah

Saya menyukai semua macam shalawat. Dulu saya membaca 17 macam shalawat, di antaranya shalawat Syeikh Abdul Qadir Al Jailani yg panjangnya 13 halaman. *Namun sekarang saya membaca satu macam shalawat saja, yang diajarkan oleh Rasul saw pada saya lewat mimpi :

 ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺍﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ 

” Ya Alloh, limpahkanlah shalawat kepada sayyidina muhammad, keluarga dan sahabatnya dan juga limpahkanlah keselamatan”.

Shalawat ini saya baca 1.000 kali setiap harinya. Jika anda ingin membacanya silahkan! Saya ijazahkan pada anda, boleh di baca100 kali, 200 kali atau lebih. Berapa saja sekiranya anda mampu dan juga bisa dibaca di mobil, di jalan atau dimanapun.

MENYELESAIKAN MASALAH HIDUP DENGAN SHOLAWAT

Jika kalian ingin yang terbaik untuk dirimu dan keluargamu maka perbanyaklah salawat kepada Nabi (saw), dan salawat adalah solusi untuk semua permasalahan. Orang-orang datang dengan semua masalah mereka, dan mereka berbicara kepada seseorang menceritakan berbagai masalahnya bahkan hingga satu jam. Untuk apa? Ucapkan salawat atas Nabi (saw), bahkan bila hanya selama 10 menit saja maka kalian dapat menyelesaikan seluruh masalahmu. Mereka tidak lelah menceritakan masalah ini dan itu, dan masalah sebagian besar manusia sangat mirip satu sama lain.

Dan para Sahabat Nabi (saw) telah mengatakan kepada kalian dan Nabi (saw) menyebutkan dalam berbagai hadis dan Allah mengatakan dalam Al Qur'an yang suci, dan semua mengatakan bersalawat pada Nabi (saw), maka salawat ini akan mengambil dan menyelesaikan semua masalah kalian. Mengapa kalian membuang-buang waktumu dengan bercerita kesana kemari?

Oleh : As-Sayyid Mawlana Syaikh Muhammad Hisyam AlQobbaniy


Sholawat Adalah Ibadah Terdahsyat

Guru Mulia Al Alim Al Allamah Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz Bin Syech Abu bakar bin Salim berkata:

“Kadang-kadang bangun malam (untuk shalat tahajjud) dan puasa sunnah malas, tapi derajat di surga ingin paling tinggi; namun kita yang malas bangun malam dan puasa sunnah masih ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan menempati surga paling tinggi.

“Caranya perbanyaklah membaca sholawat kepada Rasulullah SAW dan disertai juga berdoa untuk bisa mengerjakan bangun malam dan puasa sunnah.

“Dengan memperbanyak bacaan sholawat inilah Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada pembaca shalawat.

“Kalau orang mendapatkan rahmat Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah.”

Syaikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca sholawat :

من فاته كثرة الصيام والقيام

Barang siapa yang luput kepadanya banyak puasa

sunnah dan bangun malam

فليشتغل بالصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم

maka hendaklah ia menyibukkan dengan membaca sholawat kepada Rasulullah SAW

فانك لو فعلت فى جميع عمرك كل طاعة ثم صلى الله عليك صلاة واحدة

Karena sesungguhnya jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang masa usiamu,kemudian Allah bersholawat (memberikan rahmat) kepadamu dengan satu kali sholawat

رجحت تلك الصلاة الواحدة منه على كل ما عملته فى عمرك من جميع الطاعات

Maka lebih berat satu sholawat dari Allah itu dibandingkan setiap ketaatan yang engkau kerjakan di sepanjang usiamu

لأنك تصلى على قدر وسعك وهو يصلى عليك على حسب ربوبيته وكرمه

Karena sesungguhnya engkau bersholawat menurut kadar kekuatanmu, sedangkan Allah bersholawat (memberikan rahmat)kepadamu menurut kadar Ketuhanan dan Kedermawanan-Nya.

Satu kali sholawat (limpahan rahmat) saja dari Allah bisa mengungguli semua ketaatan kita, apalagi dua, tiga kali sholawat dari Allah kepada kita.

Pentingnya Membaca Shalawat dalam Doa

حدثنا أبو داود سليمان بن سلم البلخي المصاحفي أخبرنا النضر بن شميل عن أبي قرة الأسدي عن سعيد بن المسيب عن عمر بن الخطاب قال : إن الدعاء موقوف بين السماء والأرض لا يصعد منه شيء حتى تصلي على نبيك صلى الله عليه و سلم

Sesungguhnya doa berhenti antara langit dan bumi, tidak naik darinya satu apapun sehingga engkau membaca shalawat atas Nabi engkau shallallaahu 'alaihi wasallam


KEAJAIBAN SHOLAWAT : KULI PASAR YANG SHOLEH

Waktu saya mondok di Kedung Paruk Purwokerto. Disana ada pekerja kasar, tukang kuli angkut bernama Darjo. Setelah 9 tahun meninggal, cucunya juga kemudian ikut meninggal. Maksud orang tua anak itu, ingin anaknya dimakamkan didekat makam kakek-nya (Darjo), terlebih di pemakaman itu banyak orang shaleh, seperti Ayahya Mbah Kiai Abdul Malik (Kiai Ilyas). Akhirnya, dengan beberapa alasan kuburan pak Darjo dibongkar, setelah digali 1,5 m ternyata bambunya masih hijau, kain kafannya masih utuh, wangi luar biasa seperti baru dimakamkan beberapa jam. Setelah kejadian itu saya menghadap ke guru saya Mbah Kiai Abdul Malik, mau laporan ke Mbah Malik.

Saat itu Mbah Kiai Abdul Malik sedang duduk santai di depan rumah, tersenyum melihat kedatangan saya. Tiba-tiba mbah Malik bilang, “Bagaimana Darjo mayitnya masih utuh?" Belum bicara Mbah Malik sudah menjelaskan. Kata beliau, Darjo itu istiqamah setiap malam tidak pernah meninggalkan membaca shalawat, sebelum membaca shalawat sebanyak 16.000, Darjo enggan tidur. Shalawatnya “Allahumma shali ala Muhammad, Allahumma Shali ala Muhammad”. Secara lahiriah kuli kasar, tapi ternyata Pak Darjo temasuk orang saleh.

Kita tidak harus membaca 16.000, minimal 300 saja setiap malam sudah bagus. Siapa yang membaca shalawat tiap hari buat keluarga dan putra-putrinya tiap malam 300 kali, Insya Allah putra-putrinya akan diberkahi, dan jika nakal senakal apapun anaknya, pada waktunya akan menjadi baik. Insya Allah. (Maulana Habib Lutfi bin Yahya).


JANGAN BERHENTI SHOLAWAT

Shalawat adalah sebuah ibadah yang tidak berbatas alam, jarak ataupun waktu. Artinya bila diucapkan maka akan menembus alam langit yang sangat jauh, didengar para malaikat, lalu turut menyampaikan doa bagi manusia yang mengucapkannya, dan menembus Alam kubur menyampaikan salam yang diucapkan manusia kepada Nabi Muhammad.

Rasulullah bersabda:

ما منكم من أحدٍ سلّم علي إذا متُّ إلا جاءني جبريل فقال جبريل يا محمد هذا فلان ابن فلان يُقرئك السلام، فأقول وعليه السلام ورحمة الله وبركاته. (رواه أبو داود).

Artinya:

“Tidak ada salah seorang di antara kamu yang mengucapkan salam kepadaku sesudah aku mati melainkan malaikat jibril datang kepadaku seraya mengucapkan: ‘wahai Muhammad, ini Fulan bin Fulan mengucapkan salam untukmu, maka aku menjawab: “dan atasnya salam dan rahmat serta berkah dari Allah”. (HR. Abu Daud)

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم telah bersabda bahwa, "Malaikat Jibril AS, Mikail AS, Isrofil AS, dan Izroil AS, telah berkata kepadaku ;

Malaikat Jibril 'Alaihi Salaam berkata, 

"Wahai Rasulullah, barangsiapa yang membaca Shalawat kepadamu tiap-tiap hari sebanyak 10 Kali, maka akan Aku bimbing tangan nya, dan akan Aku bawa dia melintasi titian Shirothol Musthaqiim (Lebarnya seperti rambut dibelah 7, tajamnya seperti 70 pedang, dalamnya perjalanan 500 Tahun) seperti kilat yang menyambar".

Berkata pula Malaikat Mikail 'Alaihi Salaam, 

"Mereka yang bershalawat kepadamu, akan Aku beri mereka minum dari telagamu (Telaga Haudh)".

Berkata pula Isrofil 'Alaihi Salaam, 

"Mereka yang bershalawat kepadamu, Aku akan sujud kepada اَللّهُ سبحانه وتعالى dan Aku tidak akan mengangkat kepalaku sehingga اَللّهُ سبحانه وتعالى mengampuni orang tersebut".

اَللَّهُمَّ صَلِِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Dan Malaikat Izroil 'Alaihi Salaam pula berkata,

"Bagi mereka yang bershalawat kepadamu, akan Aku cabut ruh mereka itu dengan selembut-lembutnya, yakni seperti Aku mencabut ruh para Nabi-Nabi".

اللهم صل على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Lihatlah kemuliaan Shalawat, para Malaikat memberikan jaminan masing-masing untuk orang-orang yang bershalawat kepada Baginda Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa bershalawat kepadaku pada hari Jum'at, maka Shalawat tersebut akan menjadi syafa'at baginya kelak di hari Kiamat" (H.R. Dailami dari Sayyidah 'Aisyah رضي الله عنـها)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah رضي الله عنـه,

"Jika telah tiba hari kamis, maka اَللّهُ mengutus Malaikat yang bersamanya buku-buku yang terbuat dari perak dan pena-pena yang terbuat dari emas, untuk mencatat manusia yang banyak bersholawat kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم pada hari kamis, malam Jum'at, dan hari jum'at.

صــــــــلوا علــــــــى سيـــــدنا محمــــــد

يَانَبِيُ سَلَامُ عَلَيْكَ .... يَارَسُوْلُ سَلَامُ عَلَيْكَ .... يَاحَبِيْبُ سَلَامُ عَلَيْكَ ....صَلَوَاتُ اللّهُ عَلَيْكَ


SHOLAWAT IBADAH LUAR BIASA

Guru Mulia Al Alim Al Allamah Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim berkata:

“Kadang-kadang bangun malam (untuk shalat tahajjud) dan puasa sunnah malas, tapi derajat di surga ingin paling tinggi. Namun, kita yang malas bangun malam dan puasa sunnah masih ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah SWT. dan menempati surga paling tinggi.

“Caranya perbanyaklah membaca shalawat kepada Rasulullah dan disertai juga berdoa untuk bisa mengerjakan bangun malam dan puasa sunnah.

“Dengan memperbanyak bacaan shalawat inilah Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada pembaca shalawat.

“Kalau orang mendapatkan rahmat Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah.”

Syaikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca shalawat :

ﻣﻦ ﻓﺎﺗﻪ ﻛﺜﺮﺓ ﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﻭﺍﻟﻘﻴﺎﻡ

Barangsiapa yang luput kepadanya banyak puasa sunnah dan bangun malam

ﻓﻠﻴﺸﺘﻐﻞ ﺑﺎﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ

maka hendaklah ia menyibukkan dengan membaca shalawat kepada Rasulullah ﷺ.

ﻓﺎﻧﻚ ﻟﻮ ﻓﻌﻠﺖ ﻓﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﻋﻤﺮﻙ ﻛﻞ ﻃﺎﻋﺔ ﺛﻢ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ ﺻﻼﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ

Karena sesungguhnya jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang masa usiamu, kemudian Allah bershalawat (memberikan rahmat) kepadamu dengan satu kali shalawat,

Semoga kita senantiasa mendapat Ridlo dari Allah, Syafaat dari Rasullullah, Karomah para Waliyullah, Barokah para Kiai dan Habaib serta wasilah doa orang tua kita. Alfatihah.

0 comments :

Post a Comment