Thursday, December 31, 2020

FADHILAH MEMBACA AL MULK

 Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada-Mu agar Engkau mengikat hati-hati kami dengan menghafal Al-Quran, memberikan kami rezeki gemar tilawah dan men tadabburinya, serta mengamalkan sebagaimana yang Engkau ridhai Aamiin ya Rabbal'alamiin

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata:

“Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih)

“Barangsiapa membaca Alquran dan menghafalnya, dan menghalalkan apa yang dihalalkannya dan mengharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan menjaminnya untuk memberi syafaat bagi sepuluh orang keluarganya".

(HR. Ahmad & Tirmidzi)

Dalam Syarh Al-Ihya daftar orang yang akan berada di bawah lindungan Allah pada hari kiamat, ketika seluruh manusia dalam keadaan panik yaitu dalam hadis riwayat Dailami, dari Ali ra bahwa pembawa Alquran, yaitu para hafizh Alquran, akan berada di bawah lindungan Allah bersama para Nabi dan shalihin.

Ditawarkan kepada penghafal al-Quran, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Bacalah dgn tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud Turmudzi 3162 dishahihkan al-Albani)

Orang yang membaca dan menghafal al-Quran, dia bersama para malaikat yang mulia (HR. Bukhari)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Rajinlah membaca al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. (HR. Muslim 1910)

0 comments :

Post a Comment