Wednesday, May 11, 2022

Keutamaan Shalat Berjamaah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيُحْتَطَبَ ، ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَيُؤَذَّنَ لَهَا ، ثُمَّ آمُرَ رَجُلاً فَيَؤُمَّ النَّاسَ ، ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى رِجَالٍ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ


“Demi jiwaku yang ada pada tangan-Nya, aku telah bermaksud memerintahkan untuk mengambilkan kayu bakar, lalu dikumpulkan, kemudian aku memerintahkan azan shalat untuk dikumandangkan. Lalu aku memerintahkan seseorang untuk mengimami orang-orang berjama'ah, kemudian aku mendatangi orang-orang yang tidak shalat berjama'ah lalu aku membakar rumah mereka." (HR. Bukhari, no. 644 dan Muslim, no. 651)


Kesimpulan Mutiara Hadits

1. Ada ancaman keras bagi orang yang meninggalkan shalat berjamaah.

2. Boleh meninggalkan shalat berjamaah jika memang ada uzur seperti salah satunya yang disebutkan dalam hadits.

3. Boleh menjadikan imam yang kurang utama, padahal ada imam yang lebih utama jika memang ada maslahat.

4. Shalat mesti dengan azan untuk menandakan masuknya waktu shalat.

 

Beberapa Alasan Laki-Laki Boleh Meninggalkan Shalat Berjama'ah di Masjid

 

1. Dalam keadaan sangat takut seperti ketika perang.

2. Sakit.

3. Hujan deras yang menyulitkan.

4. Angin kencang di malam yang dingin.

5. Sudah dihidangkan makanan dan keadaan sangat lapar.

6. Ketika ingin buang hajat (kencing atau air besar).

7. Jika butuh penjagaan keamanan.


WaLLAAHUa'lam

0 comments :

Post a Comment