Tuesday, September 1, 2020

Anak-anakku buku ini Gambaran Dahsyatnya Siksa Neraka

 "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang batil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian". (TQS al-Muddatstsir [74]: 42-47).

.

Dahsyatnya siksa neraka telah banyak diberitakan dalam al-Quran. Aneka siksa yang disediakan bagi penghuninya amat mengerikan. Dipastikan, tidak seorang pun yang kuat menghadapinya. Agar tidak terjerumus ke dalam neraka, kita harus mengenali sifat orang-orang yang dimasukkan ke dalamnya. Dalam Alquran cukup banyak ayat yang menggambarkan potret dan karakter mereka.

Ayat-ayat ini adalah diantaranya.

Tidak Shalat dan Tidak Bersedekah

Allah SWT berfirman: Mâ salakakum fî saqar ("apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar?"). Jika dilihat pada ayat sebelumnya, ini merupakan percakapan antara penghuni surga dengan peng-huni neraka di akhirat kelak. Bagaimana detail peristiwanya, walLâh a'lam. Yang diberitakan kepada kita hanya isi percakapan di antara mereka.

Para penghuni surga bertanya mengenai keadaan al-mujrimîn, para pelaku dosa dan kriminal. Menurut al-Razi dan dan al-Khazin, pertanyaan itu merupakan celaan dan mempermalukan. Tema yang mereka tanyakan adalah perkara yang menyebabkan para pelaku dosa itu dimasukkan ke dalam saqar. Saqar adalah nama salah satu neraka. Dalam ayat 29-30 disebutkan bahwa neraka saqar itu lawwahat[un] li al-basyar (pembakar kulit manusia). Di atasnya dijaga malaikat sebanyak sembilan belas.

0 comments :

Post a Comment