Sunday, July 3, 2022

OBAT LUPA & AGAR KUAT DALAM HAFALAN

'Ali bin Khasyram rohimahullōh berkata ;

"Aku melihat Waqī’ bin al-Jarrah tidak pernah membawa kitab, namun beliau mampu menghafal apa yang kami tidak hafal. Maka aku merasa heran dengan hal itu sehingga aku pun bertanya kepada beliau,

"Wahai Waqī’, engkau tidak pernah membawa kitab dan tidak menggoreskan yang hitam di atas yang putih (tidak mencatat), namun engkau menghafal lebih banyak dibandingkan apa yang kami hafalkan "

Maka Waqī' berkata dengan membisikkan ke telingaku, “Wahai 'Ali, jika aku tunjukkan kepadamu obat lupa, apakah engkau akan mengamalkannya? "

Aku pun menjawab, " Ya, demi Allōh "

Maka beliau menjelaskan, "Meninggalkan maksiat, demi Allōh, aku tidak melihat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk memudahkan menghafal dibandingkan meninggalkan kemaksiatan.”

(Siyarul A’lamin Nubala’, 6/384)
📚 Majmu’ah An-Nahjul Wadhih

Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah berkata,

"Aku pernah mengadu kepada Imam Waki' akan buruknya hapalanku, maka beliau membimbingku agar meninggalkan maksiat, dan beliau mengatakan kepadaku bahwa ilmu agama itu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak akan dianugerahkan kepada orang yang suka bermaksiat."

[Lihat Thabaqot Al-Hanafiyyah, 1/487]

Intinya kalo kita ingin diperkuat dalam hafalan kita, maka tinggalkan maksiat yaa.

0 comments :

Post a Comment