Tuesday, November 10, 2020

SEMPATKAN DHUHA 4 RAKAAT

  Ada satu hadis, yang mungkin karena hadis ini masyarakat mengkaitkan shalat dhuha dengan pintu rezeki. Hadis dari Uqbah bin Amir al-Juhaniradhiyallahu anhu, Rasulullahshallallahu alaihi wa sallambersabda,

Sesungguhnya Allah berfirman:"Wahaianak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupidirimu dengan shalat itu di akhir harimu."

(HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).

.

Keterangan:

Ulama berbeda pendapat tentang 4 rakaat di awal siang yang dimaksudkandi hadis ini. Ada yang mengatakan: shalat dhuha, ada yang berpendapat: shalat isyraq, dan ada juga yang mengatakan: shalat qabliyah subuh dan shalat subuh.Sebagaimana keterangan Mula Ali Al-Qori dalam Al-Mirqah (3/980). Dan ditegaskan oleh Ibnu Abdil Bar bahwa para ulama memahami empat rakaat tersebut adalah shalat dhuha (Al-Istidzkar, 2/267)

.

Tentang kalimat Aku akan penuhidirimu Imam as-Sindi menjelaskan ada beberapa kemungkinan makna,

Aku cukupi dirimu sehingga terhindar dari kecelakaan dan segala musibah

Aku cukupi dirimu dengan diberikan penjagaan dari dosa dan ampunan terhadap perbuatan dosa yang dilakukan di hari itu.

Aku cukupi dirimu dalam segala hal.

(Taliq Musnad AhmadSyuaib al-Arnauth, 28/613).

.

Jika kita perhatikan, hadis di atas tidak secara tegas menunjukkan bahwa shalat dhuha membuka kunci pintu rezeki. Hadis ini hanya menjelaskan janji Allah bagi orang yang shalat 4 rakaat di pagi hari, baik shalat subuh, qabliyah subuh atau shalat dhuha, akan dicukupi di akhir hari. Itupun dengan syarat, shalat 4 rakaat di waktu pagi itu dilakukan ikhlas untuk Allah, bukan karena tendensi untuk dunia. Karena Allah berfirman, "laksanakanuntuk-Ku4 rakaat.." kata untuk-Ku menunjukkan bahwa itu harus dilakukan dengan ikhlas.(inilah.com)

0 comments :

Post a Comment