Monday, November 23, 2020

Keutamaan Kalimat Tahlil

KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan, dalam musnad Imam Ahmad diriwayatkan ada orang yang dihisab Allah di depan umum. Setelah dibuka semua dokumen hidupnya ternyata 99 persen dokumennya berisi kesalahan-kesalahan.

Lantas malaikat segera menggiringnya ke neraka. Namun, Allah mencegahnya karena ada satu kebaikan yang diperbuat semasa hidupnya yakni melafalkan kalimat Laa Ilaaha Illallah dengan ikhlas.

Namun, kata Gus Baha, mengucapkan kalimat tahlil ini harus ikhlas sepenuh hati tanpa mengharap apa pun.

"Yang mahal itu ikhlas. Kalau mengucapkan Laa Ilaaha Illallah untuk mengharapkan surga dan takut neraka itu berarti gak ikhlas. Kalau seandainya tidak ada surga atau neraka itu Tuhannya tetap Allah," kata Gus Baha.

Berikut keutamaan zikir Laa Ilaaha Illallah disarikan dari Kitab Tanqihul Qoul karya Imam Suyuti:

1.Wajah Bersinar di Hari Kiamat

Orang yang selalu berzikir dengan mengucapkan kalimat Laa Ilaaha Illallah kelak di akhirat wajahnya bersinar.

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Barang siapa setiap hari mengucapkan seratus kali laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah, maka dia akan datang di hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan purnama."

2. Aman Dari Siksa

Orang yang selalu membasahi mulutnya dengan kalimat thoyyibah akan dijauhkan dari siksa.

Nabi Saw bersabda : "Allah berfirman: "laa ilaha illallah kalam-KU dan Aku-lah dia. Barang siapa mengucapkannya maka masuk dalam perlindungan-Ku, dan barang siapa masuk lindungan-Ku maka aman dari siksa-Ku".

3. Diampuni Dosanya

Nabi Saw bersabda : "Tiada seorang hamba pun yang mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah terkecuali Allah SWT berfirman: Benar hamba-Ku, Aku-lah Allah, tiada Tuhan selain Aku. Aku persaksikan kepada kalian wahai malaikat-malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuni dosa-dosanya yang sudah terlewat dan yang akan datang".

4. Masuk Surga

Rasulullah bersabda : "Barang siapa mengucapkan laa ilaha illallah secara murni dan ikhlas, maka masuk surga.

5. Tidak Ditanya Dosanya di Akhirat

Orang yang tak luput dari berzikir Laa Ilaaha Illallah di setiap waktu tidak akan ditanya dosanya di akhirat.


Keistimewaan Tahlil

Keistimewaan kalimah tahlil dalam setiap thariqah itu berbeda-beda. seperti keistimewaan tumbuh-tumbuhan yang diciptakan Allah SWT. Misalnya daun kumis kucing berkhasiat bagi orag yang kena penyakit kencing manis. Ada juga daun delima, atau daun keci beling dan sebagainya. Tumbuhan itu di beri kelebihan masing-masing oleh Allah SWT.

Begitu juga adengan kalimat tahlil dalam setiap thariqah. Kalimah ini bak lautan yang tak bertepi. Walau keistimewaanya dibagi-bagi kepada Thariqah Syadzaliyah, Qadiriyah, Maulawiyah dan sebagainya tak kan pernah habis. Justru kita akan melihat keagungan ilmu Allah SWT yang ditunjukan kepada kita. Karena itu yang penting bagi kita adalah bagaimana kita belajar salah satu thariqah yang sekiranya anda mampu mengamalkan dan menjalankan ajarannya secara istiqamah.

Thariqah-Thariqah yang dipegang oleh para Awliya seperti Syekh Abdul Qadir Al Jilani, Syekh Abu Hilani, Syekh Abu Hasan Asy Syadzili, Sayiid Ahmad Ar Rifa’I, Syaikh Ahmad Al Badawi, Syekh Ibrahim Ad Dasuki dan tokoh-tokoh ulama yang lain yang semisal yang saya sebutkan tidak mungkin akan menyesatkan dengan ajarannya. Sebab, dipundak mereka ini terdapat amanah Rasulullah SAW. Bukankah ulama itu waratsatul anbiya?

Karena itu pula saya yakin, para ulama itu yang takutnya hanya kepada Allah SWT tidak akan menyesatkan kita. Jadi jelaslah bahwa thariqah yang bersumber dari para awliya tersebut tidak akan lepas dari Al Qur’an dan sunnah Nabi SAW.

Sekali lagi saya sarankan, silahkan Anda masuk salah satu thariqah. Tapi thariqah yang jelas kemu’tabarahannya. Artinya silsilah guru-gurunya sampai kepada Baginda Nabi SAW.

[Kutipan Tanya Jawab Habib Luthfi di Majalah Al Kisah]

0 comments :

Post a Comment