Monday, September 30, 2024

Ibu selalu hidup di dalam tubuh kamu

Sains Mitokondria III.⁣


1. Legacy apa yang diturunkan ibu kepada kamu yang melekat selama kamu hidup? Salah satunya adalah organel sel bernama mitokondria.


2. Nat Gen 2023: Mitokondria (ungu) - organel sel yang diturunkan spesifik oleh wanita ke anaknya, karena ketika terjadi pertemuan sel sperma dan sel telur, DNA mitokondria ayah tidak masuk ke sel telur karena terletak di ekor sperma. DNA mitokondria secara ekslusif diturunkan dari ibu ke anak.


3. Mitokondria ini adalah sumber energi sel dan tubuh kamu. Kamu punya 93.000 triliun total mitokondria di dalam tubuh kamu. Rusaknya atau tidak berfungsi normal mitokondria menyebabkan penyakit degeneratif di badan atau otak kamu.


4. Iscience 2023: Uniknya, satu pelukan ibu (dalam beberapa kasus, ayah juga) bisa membuat anak tenang. Secara langsung kemudian memperbaiki salah satunya mitokondria dalam tubuh.


5. Mother always lives in our body. She gives you the source of energy. Kalo kamu ngadu sama ibu dia akan bilang “Aku tahu dunia sering tak adil, tapi aku percaya kamu mampu Nak.”


Referensi:

1. Credit video: Moore et al., 2016 Nat Comms / CC BY 4.0. / Mitochondria inside cell.

2. Lee, W. et al., (2023). Molecular basis for maternal inheritance of human mitochondrial DNA. Nature genetics, 55(10), 1632-1639.

3. Yoshida, S. et al., (2020). Infants show physiological responses specific to parental hugs. Iscience, 23(4).

0 comments :

Post a Comment