Sunday, April 2, 2023

Berkah dari do'a orang miskin

Dalam hadits disebutkan bahwa Sa'ad menyangka bahwa ia memiliki kelebihan dari sahabat lainnya karena melimpahnya dunia pada dirinya, lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ


“Kalian hanyalah mendapat pertolongan dan rezeki dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian" (HR. Bukhari no. 2896).


Dalam lafazh lain disebutkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذَهِ اْلأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا: بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلاَتِهِمْ، وَإِخْلاَصِهِمْ.


“Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan sebab orang-orang lemah mereka di antara mereka, yaitu dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka" (HR. An Nasai no. 3178)


Ibnu Baththol berkata, "Ibadah orang-orang lemah dan doa mereka lebih ikhlas dan lebih terasa khusyu' karena mereka tidak punya ketergantungan hati pada dunia dan perhiasannya. Hati mereka pun jauh dari yang lain kecuali dekat pada Allah saja. Amalan mereka bersih dan do'a mereka pun mudah diijabahi (dikabulkan)". Al Muhallab berkata, "Yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam maksudkan adalah dorongan bagi Sa'ad agar bersifat tawadhu', tidak sombong dan tidak usah menoleh pada harta yang ada pada mukmin yang lain”


WaLLAAHUa'lam

0 comments :

Post a Comment