Sunday, July 12, 2020

PENELITIAN PENGARUH MEMBACA AL QURAN

Subhanallah, sungguh menakjubkan! Manfaat Membaca Alquran

Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya yg panjang di Klinik Besar Florida, USA, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis penurunan depresi dan kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit, yang merupakan pengaruh umum yg dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya.

Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah detak jantung, ketahanan otot dan kulit terhadap aliran listrik

Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Alquran berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit

Kesimpulan hasil uji coba tsb diperkuat lagi oleh penelitian Muhammad Salim yg dipublikasikan Universitas Boston. 
Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yg terdiri dari 3 pria dan 2 wanita.

Kelima orang tsb sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yg akan diperdengarkannya adalah Al-Qur'an.

Penelitian yg dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi, yakni membacakan Al-Qur'an dgn tartil dan membacakan bahasa Arab yg bukan dari Al Qur'an.

Kesimpulannya, responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Al-Quran dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yg bukan dari Al-Qur'an.
Al-Qur'an memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kpd bayi. Hal tsb diungkapkan Dr Nurhayati dari Malaysia dlm Seminar Konseling dan

Psikoterapi Islam di Malaysia pada thn 1997 Menurut penelitiannya, bayi yg berusia 48 jam yg diperdengarkan ayat-ayat AlQuran dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yg besar, kita memiliki Al-Quran. Selain menjadi ibadah dlm membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita.

Jika mendengarkan dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Al-Qur'an juga memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ)
@mozaik islam

0 comments :

Post a Comment