Monday, July 20, 2020

Doa diselamatkan dari musibah

Saat kita melihat orang yang ditimpa bencana atau ujian, baik sakit atau kecelakaan, dan lain sebagainya, maka ada dua hal yang perlu kita lakukan. Pertama, mendoakan kebaikan untuk mereka yang tertimpa musibah. Kedua, bersyukur karena kita tidak ditimpa musibah tersebut. Kita ucapkan alhamdulillah dengan suara lirih. Jangan sampai terdengar oleh orang yang tertimpa musibah untuk menjaga perasaannya.

Kalau ada orang yang tertimpa musibah apa pun, sakit berat, sampai pada musibah dalam hal agama, maka kita baiknya mengamalkan doa berikut agar tidak tertimpa cobaan sepertinya.

Dari Ibnu ‘Umar, dari bapaknya ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ، وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً

‘Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirin mimman khalaqa tafdhilaa’

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Kalau kalimat itu diucapkan, maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup.” (HR. Tirmidzi)

Dalam riwayat di atas ada kalimat lanjutan,
Diriwayatkan dari Abu Ja’far bin ‘Ali bahwa ia berkata, “Jika ada yang melihat yang lainnya tertimpa musibah, maka memintalah perlindungan (pada Allah) darinya. Hendaklah ia mengucapkan bacaan tadi, namun jangan sampai didengar oleh orang yang tertimpa musibah.”

Sumber diringkas dari: rumaysho & bincangsyariah

0 comments :

Post a Comment