Tuesday, November 20, 2018

Tanda Anda Belum Dewasa

Tidak Melulu Soal Umur, Kamu Belum Dewasa Kalau Punya Tanda-tanda Ini (2)

1.Masih mengandalkan 'silent treatment

'Silent treatment' saat marah adalah tindakan pasif agresif yang biasa dilakukan orang yang belum dewasa secara emosional saat dihadapkan dengan masalah. Berbeda dengan orang yang telah matang, mereka tahu waktunya harus diam dan membicarakan soal masalah tersebut agar terselesaikan.

Kalau kamu masih mengandalkan diam saat marah dan menunggu permintaan maaf, sebaiknya ubah sikapmu dan gunakan kepala dingin untuk menyelesaikan persoalan.

2.Tidak punya teman dekat

Kamu merasa baik-baik saja tanpa adanya sahabat? Percayalah kawan, kamu tidak bisa hidup sebatang kara di dunia ini. Kalau kamu sadar bahwa orang-orang terdekatmu banyak yang meninggalkanmu mungkin ini saatnya berbenah diri.

Mungkin saja, ketidakdewasaanmu adalah sebab orang-orang tersebut memilih untuk menjauhimu. Tidak ada kata terlambat kok untuk memperbaiki sikapmu dengan mencoba memperbaiki jembatan persahabatan yang sebelumnya telah kamu coba bangun bersama sahabat.

3.Seolah kamulah korbannya
Setiap ada permasalahan kamu selalu bermain peran menjadi korban bukannya mendinginkan kepala dan melakukan evaluasi. Selalu mengaktifkan mode 'play victim' menandakan kamu orang yang menghindari tanggung jawab pribadi.

Satu lagi, bukan cuma tanda ketidakdewasaan, sikap kekanakan juga tidak menarik tahu. Yuk berbenah diri.

4.Kamu intoleran

Kamu tidak mau tahu apa yang orang lain butuhkan atau pikirkan, yang kamu tahu apa yang ada dipikiranmu dan sudah kamu rencanakan adalah hal terbaik yang pernah ada. Titik!

Sama seperti kamu ingin orang lain menghormatimu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu juga telah memberikan rasa hormat yang sama kepada orang lain. Kamu tidak harus setuju, atau bahkan menyukainya, tetapi kamu harus mengizinkan orang untuk hidup sesuai keinginan mereka, selama itu

5.Mengandalkan segala sesuatu pada orang tua

Kalau kamu ingin dewasa jangan lagi bergantung pada orang tua. Jangan repotkan mereka dengan hal sederhana yang sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri seperti misalnya menyediakan makan malam. Ugh.

Cobalah untuk melatih kemampuanmu memasak, jangan mengandalkan makanan cepat saji atau junk food. Orang dewasa adalah orang yang sadar bahwa pilihannya sekarang akan menentukan masa depan. Karena itu, cintai tubuhmu dan konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

0 comments :

Post a Comment