Tuesday, November 20, 2018

Penyebab Tamak

Yang menyebabkan seseorang tamak kepada kehidupan dunia ada 3 perkara :
.
Pertama : " salah satunya adalah seseorang memandang dunia dengan pandangan yang indah , sehingga ia ingin tetap hidup kekal di dunia untuk bersenang- senang.

Kedua : "mengagungkan manusia menurut kedudukannya masing-masing.
Hal itu menyebabkan orang saling berbangga & berlomba lomba mengumpulkan kekayaan.

Adapun yg ketiga: perasaan seseorang bahwa yg tdk mempunyai harta, maka ia tdk bernilai sedikit pun dimata manusia yg lainnya, sehingga dari itu timbul rasa bakhil & takut menjadi miskin..
.
(Dinukil dari kitab alhikam. karya AlHabib Abdullah Al haddad)
.
.
Saudaraku..Jika kita merasakan pahitnya kemiskinan dan sakitnya dihimpit kesulitan, usahakan tetap tersenyum. Karena senyum itu adalah obat.

Bila kita sakit pergilah ke dokter. Bila hati kita yang sakit pergilah mencari kekasih-kekasih Allah dan berkumpulah dgn orang2 sholeh.
Bila kecintaan akan dunia dan harta sudah merasuk kedalam jiwa, ingatlah akan akhirat, dan ingatlah akan kematian.

Hakikatnya kita di lahirkan telanjang, mati pun dalam keadaan telanjang, hanya kain kafan yg menyelimuti badan, sadarlah harta yg kita timbun tidak bisa di bawa mati apalagi menyelamatkan.

Semoga kita menjadi hamba-hambaNya yg sadar bahwa hidup adalah sementara, dan semoga kita amanah. sebab bahagia, berkah, dan kekayaan hanya titipan, peganglah dunia tapi jangan di simpan dalam hati.

semoga kita menjadi hamba dan ummat yang taat....Aamiiinnn

0 comments :

Post a Comment