Tuesday, November 20, 2018

Kenapa Harus Sholat malam

Mengapa kita perlu melaksanakan ibadah sholat malam?.
.
1. Sholat tahajud adalah ibadah sunah yg sangat dianjurkan untuk kita kerjakan. Diantara anjuran untuk melaksanakannya adalah: .
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ
.
“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” (Al-Israa’/17: 79).
.
وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا
.
“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” (Al-Insaan/76: 25-26).
.
2. Allah memuji hamba-nya yang sholeh yang melaksanakan sholat malam. .
“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzaariyaat/51: 17-18).
.
3. Sepertiga malam terakhir adalah waktu mustajabnya do'a. Maka berdo'alah. Mudah-mudahan Allah memperkenankan do'a itu untuk kita.
.
Dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
.
إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَـةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُـلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ. “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam." (HR. MUSLIM).
.
4. Dan kerjakanlah sholat malam, Mudah-mudahan Allah berkenaan menempatkan kita pada tempat yang terpuji.
.
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
.
“Dan pada sebagian malam hari bershalat ta-hajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengang-katmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Israa’/17: 79).
.

0 comments :

Post a Comment