Thursday, December 29, 2022

WANITA ITU KURANG AKAL DAN AGAMANYA

Barangkali kita pernah mendengar hadits yang menerangkan wanita itu kurang akal dan agamanya. Apa yang dimaksud dengan kalimat tersebut? Apakah itu berarti merendahkan wanita?


Hadits yang dimaksudkan di atas adalah hadits berikut ini,


مَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِينٍ أَغلَبُ لِلُبِّ الرَّجُلِ الْحَازِمِ مِنْ إِحْدَاكُنَّ. فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا نُقْصَانُ عَقْلِهَا؟ قاَلَ: أَلَيْسَتْ شَهَادَةُ الْمَرْأَتَيْنِ بِشَهَادَةِ رَجُلٍ؟ قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا نُقصَانُ دِينِهَا؟ قَالَ: أَلَيْسَتْ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ


“Aku tidak pernah melihat orang yang kurang akal dan agamanya paling bisa mengalahkan akal lelaki yang kokoh daripada salah seorang kalian (kaum wanita)." Maka ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apa maksudnya kurang akalnya wanita?" Beliau menjawab, "Bukankah persaksian dua orang wanita sama dengan persaksian seorang lelaki?" Ditanyakan lagi, "Ya Rasulullah, apa maksudnya wanita kurang agamanya?" "Bukankah bila si wanita haid ia tidak shalat dan tidak pula puasa?", jawab beliau. (Muttafaqun 'alaih, HR. Bukhari no. 1462 dan Muslim no. 79)


Mengenai maksud hadits di atas diterangkan oleh Syaikh 'Abdul Karim Khudair, ulama senior di kota Riyadh Saudi Arabia dan pengajar di Jami'ah Malik Su'ud (King Saud University Riyadh). Beliau ditanya, "Apa maksud kurang akal dan agamanya bagi wanita sebagaimana disebutkan dalam hadits 'wanita itu kurang akal dan agama'?”


Syaikh hafizhohullah menjawab,


Tafsir tentang makna kurang akal dan agama telah diterangkan dalam hadits muttafaqun 'alaih (riwayat Bukhari-Muslim). Bahwa yang dimaksud kurang akal adalah karena persaksian wanita itu separuh dari persaksian laki-laki sebagaimana disebutkan dalam ayat,


فَإِنْ لَمْ يَكُونَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ


“Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan" (QS. Al Baqarah: 282). Inilah yang dimaksud wanita itu kurang akal.


Sedangkan yang dimaksud wanita itu kurang agama adalah karena pada satu waktu (yaitu kala haidh atau nifas, pen), wanita tidak puasa dan tidak shalat. Inilah tafsir yang langsung diterangkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (secara marfu') dan bukan hasil ijtihad seorang pun. Adapun kondisi wanita di mana mereka berada pada kondisi separuh dari pria adalah dalam lima keadaan, yaitu dalam persaksian, diyat, warisan, aqiqah, pembebasan budak –yaitu siapa yang memerdekakan dua orang budak wanita sama dengan memerdekakan seorang budak laki-laki. Dalam hadits disebutkan, “Barangsiapa yang memerdekakan seorang budak laki-laki, maka ia akan selamat dari siksa neraka. Barangsiapa yang memerdekakan dua budak wanita, maka ia akan selamat dari siksa neraka.”


WaLLAAHUa'lam

0 comments :

Post a Comment