Setiap orang pasti pernah mengalami konflik dengan
orang-orang sekitarnya. Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi masalah agar
anda tetap bisa mempertahankan hak anda tanpa menciptakan suatu permasalahan
baru? Berikut adalah tips untuk mengatasi konflik :
1. Tetap kalem
Jika ada orang berteriak-teriak karena marah kepada anda,
cobalah untuk tenang dan diam. Biasanya orang yang sedang marah tidak ingin
mendapatkan tanggapan dari anda. Jika anda membalas maka tanggapan anda
tersebut tidak akan didengar. Jadi anda akan rugi dua kali yang pertama emosi
anda meledak dan energi anda habis dan yang kedua tanggapan anda tidak
didengarkan.
2. Biarkan orang lain untuk berbicara terlebih dahulu
Orang yang sedang marah akan letih cepat atau lambat, itulah
tujuan mereka yaitu ingin didengarkan dan supaya mereka dianggap penting oleh
orang yang dimarahi. Maka biarkan orang tersebut marah dan meluapkan
perasaannya.
3. Tempatkan diri anda di pikiran orang yang marah
Berusahalah untuk berpikiran positif dan tempatkanlah diri
anda di keadaan orang yang marah. Mungkin orang yang marah memang sedang berada
di keadaan yang sulit sehingga tekanan ini yang membuatnya marah. Dengan
berpikiran seperti ini, anda tidak terpancing emosi dan bisa lebih tenang.
4. Tenangkan orang yang marah
Anda bisa menggunakan kata-kata “ya, saya mengerti yang anda
maksud” atau “ya, saya akan berusaha lebih baik lagi”. Kata-kata ini menunjukkan bahwa anda
mendengarkan keluhannya. Dengan menggunakan kata-kata yang menyetujui
keadaannya, ada mulai memecah kemarahannya sehingga kemarahan bisa cepat reda.
Jika keadaan sudah tenang, anda bisa kembali membahas ini dengan pikiran yang
lebih tenang.
5. Jika keadaan memburuk maka tinggalkan
Jika keadaan semakin memburuk dan membahayakan anda, maka
lebih baik anda meninggalkan ruangan tersebut dan katakan kepada orang yang
marah â??saya tahu anda sedang marah, dan anda tidak bermaksud untuk mengatakan
apa yang anda katakan, karena itu saya akan biarkan anda untuk bertenang
sebentar dan kita bisa membicarakan hal ini nantiâ??. Kemudian anda bisa
meninggalkan ruangan. Jangan meninggalkan ruangan tanpa berpesan sedikitpun
dengan orang yang marah.
6. Jika anda salah, maka akuilah dan bertanggung jawablah
Jangan malu untuk mengakui kesalahan anda. Anda bisa
mengatakan “anda benar, saya salah, saya akan memperbaikinya”. Bahkan jika anda
tidak salah, nada bisa mengatakan “saya mungkin salah, coba kita lihat ini
bersama-sama”. Kata-kata ini adalah kata-kata mujarab dan sangat sulit untuk
berdebat lagi dengan orang yang sudah mengatakan ini.
Bekerjasama dengan orang yang pemarah memang tidaklah
gampang. Tapi kita akan menjadi orang yang lebih kalah jika kita ikut
terpancing marah. Kita juga bisa mengambil hikmah dari orang yang pemarah bahwa
tidak ada satupun orang yang merasa nyaman untuk bekerjasama dengan orang
pemarah. Hal ini bisa menjadi motivasi kita untuk tidak menjadi orang yang
pemarah.
(pickthebrain.com / syarifkhan1977)
0 comments :
Post a Comment