Sunday, October 18, 2015

HARTA, BISA MENGANGKAT TAPI JUGA BISA MENJATUHKAN


السّلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Saudaraku yang di muliakan Alloh dan Rosulnya, harta itu bisa mengangkat derajat seseorang, tapi kalau tidak hati-hati sekaligus bisa menjatuhkannya.
Dengan harta, derajat seseorang menjadi terangkat.

Kalau terlena, harta akan membuat seseorang jatuh ke jurang.

Renungan:
- Ketika harta kekayaan hadir. Bagai bidadari cantik yang turun dari langit. Semua pintu nikmat terbuka, semua gudang rezeki terbuka. Rezeki datang tercurah dari segala arah. Uang berlimpah datang dari sumber yang tidak terduga. Tanah, sawah, lahan, kebun bisa didapat berapa luaspun dia mau. Mobil mewah, bisa dibeli lebih dari satu. Rumah mewah, mudah didapat lebih dari satu. Istri cantik, mudah dicari lebih dari satu. Derajat naik, kehormatan naik, dan harga diripun ikut naik.

- Ketika harta kekayaan pergi. Disaat kekayaan berlimpah, dia lupa dirinya, lupa ibadahnya. Dia lupa akheratnya, dan lupa tuhannya. Banyak kewajiban agama yang dilalaikan. Banyak larangan agama yang dilanggar. Akhirnya, Alloh mencabut nikmat-Nya, Karena mereka menyalahgunakan nikmat. Semua sumber nikmat dikunci. Semua sumber rezeki ditutup. Semua sumber penghasilan disumbat. Lahan mengering, tanaman rontok, dan gudangpun kosong. Satu persatu, anak istri meninggalkannya. Satu persatu, pelayan, pembantu meninggalkannya. Satu persatu, tagihan hutang berdatangan. Satu persatu, harta kekayaan melayang terjual. Semuanya habis, semuanya ludes, semuanya menguap. Habis-bis, miskin-kin, kere-re, dan jatuh-tuh.

0 comments :

Post a Comment