Saturday, June 11, 2016

Ngalap Berkah

Berkah berasal dari bahasa Arab `barakah`. Artinya, memiliki banyak kebaikan dan bersifat tetap -terus menerus-. Diambil dari kata `birkah` yang berarti tempat berhimpunnya air. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa berkah adalah suatu hal yang baik yang bersifat tetap.

Berkah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia jilid  3 mempunyai arti karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia; berkat n (nomina) .

Sementara ada juga yang mengatakan, barakah/berkah ialah adanya kebaikan ilahi secara tetap pada sesuatu. Demikian yang dikatakan oleh ar-Raghib al-Ashfahani.

Dengan demikian, apabila sesuatu dikatakan berkah, artinya sesuatu itu memiliki banyak kebaikan yang bersifat tetap, karena dijadikan demikian oleh Allah.

Setelah melihat pengertian-pengertian diatas kita dapat mengartikan bahwa ngalap berkah adalah suatu kegiatan untuk mencari manfaat dan kebaikan dari suatu Dzat, benda, manusia atau sesuatu yang dianggap memiliki manfaat dan kebaikan yang dicari manusia tersebut. Atau istilah lainnya adalah tabarruk yang  artinya mencari barakah (ngalap berkah, jawa). Bertabarruk dengan sesuatu artinya mencari berkah dengan perantaraan sesuatu tersebut. (Lihat an-Nihayah fi Gharib al-Hadits, Ibnu Atsir bab al Ba’ ma’a al Ra’, 1/120)

Berkah adalah segala sesuatu yang kita dapat didunia ini bisa membawa kita semakin dekat dengan Allah.


  • Punya harta dimana harta tersebut bisa mendukung untuk semakin dekat dengan Allah
  • Punya keluarga yang bisa menentramkan dan saling mendukung untuk semakin bersyukur dan dekat dengan Allah
  • Punya teman yang bisa saling mengingatkan 
  • dll


0 comments :

Post a Comment