Tuesday, June 30, 2015

FITNAH


Jangan Anda membiarkan ribuan tulisan yang isinya berpotensi fitnah--karena tak jelas sumber dan kebenaran isinya--itu berseliweran di halaman Anda.

Mengapa orang yang berpotensi sebagai pemfitnah--yang katanya lebih kejam dari pembunuh itu--tidak Anda pikirkan bagaimana menghentikan perbuatannya?

Mengapa potensi fitnah itu justru Anda hadirkan (share) di halaman Anda, lalu dibiarkan dikomentari lebih negatif lagi, yang artinya menimbulkan anak-anak fitnah yang baru lagi?.

Kepada sumber-sumber informasi yang isinya berpotensi fitnah. 
Tempelkan dengan jelas di laman Anda atau di awal artikel yang Anda tulis. Bahwa "Seluruh informasi yang kami tulis di situs kami telah diuji dan diverifikasi kebenarannya. Kami bertangung jawab kepada Tuhan Anda dan bersedia menanggung dosa Anda, bila informasi ini ternyata didapati salah di kemudian hari".

Bila itu tak sanggup Anda tanggung, maka katakan sebaliknya, bahwa "Seluruh informasi yang kami tulis dalam situs ini tidak atau belum diverifikasi kebenarannya. Jangan disebarkan. Dosa fitnah--bila di kemudian hari informasi didalamnya ternyata keliru--adalah menjadi tanggung jawab Anda pribadi yang menyebarkan.

Untuk Anda yang sering mengatakan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Jangan biarkan pembunuh masal menari di laman Anda. Karena ia berpotensi membunuh Anda, keluarga Anda, saya, dan keluarga saya.

Bedakan kebebasan berpendapat dan kebebasan memfitnah.

0 comments :

Post a Comment