Wednesday, September 25, 2013

Update Status Facebook Via command line [Ubuntu]


Membuka Facebook via browser memang sudah lumrah dilakukan, lantas bagaimana jika kita membuka Facebook via Command Line? Bisa kah? Tidak dipungkiri lagi, dengan terminal Anda bisa mengakses aplikasi dengan cepat. Berbeda halnya jika Anda membuka aplikasi via GUI. Dulu saya pernah mencoba menggunakan aplikasi Lynx untuk membuka Facebook, namun hasilnya sangat tidak memuaskan.

FBCMD

FBCMD adalah sebuah aplikasi untuk mengakses Facebook atau dengan bahasa lain adalah aplikasi untuk Facebook-an melalui jendela terminal pada komputer Linux Anda. Banyak alasan untuk menggunakan FBCMD. Salah satunya mungkin untuk menghemat bandwidth karena tidak perlu me-load gambar dan berbagai kode-kode yang berpengaruh untuk membebani koneksi internet Anda. Untuk men-install FBCMD di komputer dengan sistem operasi Linux silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka terminal melalui Ctrl + Alt + T. Atau ketik terminal dikolom search  dari Linux Ubuntu Anda.
2. Ketikkan perintah dibawah ini untuk men-install PHP5-cli dan php5-curl. Jika Anda sudah memilikinya maka langsung ke langkah nomor 3.

sudo apt-get install php5-cli php5-curl
3.Download dan Install FBCMD dengan perintah berikut: 
cd && wget https://raw.github.com/dtompkins/fbcmd/master/fbcmd_update.php
php fbcmd_update.php
sudo php fbcmd_update.php sudo
php fbcmd_update.php install
4.Setelah instalasi sukses, sekarang Anda perlu memberikan akses FBCMD ke akun Facebook And. Untuk akses dasar, jalankan perintah dibawah ini. Kemudian tab baru akan terbuka di default browserAnda, meminta Anda untuk memungkinkan FBMCD mengakses Facebook: 
fbcmd go access
5.Sekarang kita perlu mengotorisasi FBCMD untuk menggunakan Facebook dalam modus offline: 
fbcmd go auth 
6.tab baru pada browser default Anda akan terbuka untuk menampilkan kode. Copy kode tersebut dan jalankan perintah berikut: 
 fbcmd auth PasteKodeYangAndaCopyTadiDisini
7.Untuk memberikan hak akses tambahan untuk FBCMD, gunakan perintah berikut: 
fbcmd addperm
8.Jika semua langkah telah sukses dijalankan maka aplikasi sudah siap digunakan. Untuk melihat perintah lainnya pada FBCMD silahkan ketikan perintah berikut: 
fbcmd
9.Update status gunakan perintah ini: 
fbcmd status "testing fbcmd" (pake tanda petik)
Semoga Bermanfaat ya :)
sumber: http://bisakomputer.com/facebook-an-via-command-line/


 
  

1 comments :

Post a Comment